Friday, April 26, 2013

Peranan Media dalam Pembelajaran




Seorang guru atau dosen harus senantiasa berusaha, agar
materi pembelajaran yang disampaikan mampu diserap secara optimal
oleh peserta didik. Untuk memudahkan peserta didik menerima materi
pembelajaran tersebut, perlu diupayakan agar peserta didik dapat
menggunakan sebanyak mungkin alat indera yang dimilikinya.
Semakin banyak alat indera yang digunakan untuk mempelajari
sesuatu, semakin mudah mengingat materi pelajaran yang dipelajari.
Sebagaimana peribahasa asing mengungkapkan: I hear, I forget; I see,
I remember; I do, I understand, I know. Artinya: bila saya dengar, saya
lupa; bila saya lihat, saya ingat; tetapi bila saya melakukan saya jadi
mengetahui, bahkan mengerti.



Edgar Dale yang terkenal dengan kerucut pengalamannya
(Cone of experience) mengemukakan bahwa pengalaman belajar
seseorang 75 % melalui indera lihat (mata), 13 % diperoleh melalui
indera dengar (telinga), dan selebihnya diperoleh melalui indera lain.
Menurut Dale, pengalaman seseorang berlangsung mulai dari tingkat
yang paling kongkrit (pengalaman langsung) menuju ke tingkat yang
lebih abstrak, misalnya dalam bentuk lambang kata secara bertahap.
Sebagaimana terlihat dalam gambar kerucut di atas,

pengalaman seseorang berlangsung dari yang kongkrit menuju ke
tingkat yang abstrak dan secara rinci dapat dijelaskan sebagai berikut:

a. Pengalaman langsung
Pada tahap ini peserta didik berhubungan langsung dengan
keadaan dan atau kejadian yang sebenarnya.

b. Pengalaman melalui benda tiruan
Pada tahap ini kejadian atau peristiwa, atau benda-benda yang sulit
diperoleh, mungkin karena terlalu jauh, terlalu besar atau terlalu
kecil, maka dapat dibuatkan benda tiruan yang mirip dengan benda
yang sebenarnya walaupun ukurannya tidak sama. Misalnya:
patung, candi, globe, sistem tata surya dsb.
c. Pengalaman melalui dramatisasi
Materi pembelajaran disajikan dalam bentuk peragaan drama.
Misalnya: seni drama, pantomime, dsb.

d. Pengalaman melalui demonstrasi
Materi pembelajaran disajikan pada tahap tertentu atau pada saat
di mana bagian-bagian tertentu harus diperlihatkan secara
demonstratif. Misalnya: peragaan pelaksanaan pemilu dan pilkada
atau menggunakan komputer.

e. Pengalaman melalui karyawisata
Pada saat melakukan karyawisata, peserta didik dapat melakukan
pencatatan, observasi, wawancara serta membuat laporan tertulis.

f. Pengalaman melalui pameran
Dalam kegiatan ini peserta didik dapat melihat, mengamati kegiatan
pameran tertentu yang diselenggarakan oleh pihak lain. Sekali
waktu peserta didik juga dapat berperan memamerkan hasil dan
atau kemampuan tertentu kepada pihak lain atau masyarakat.

g. Pengalaman melalui tayangan audio-visual
Melalui tayangan pandang dengar seperti televisi, peserta didik
mendapat kesan dan pengalaman sesuatu yang terjadi secara
audio-visual walaupun peristiwa tersebut berada jauh dari dirinya.

h. Pengalaman melalui gambar hidup atau tayangan film
Peserta didik dapat memperoleh kesan atau pengalaman melalui
tayangan gambar hidup atau film. Adakalanya tayangan semacam
ini lebih berkesan karena seperti peristiwa yang sesungguhnya.

i. Pengalaman melalui radio
Pembelajaran dapat dilakukan juga melalui siaran yang
dipancarkan melalui stasiun radio, jangkauannya luas dan banyak
tetapi agak kurang menarik karena hanya didengar saja.

j. Pengalaman melalui gambar
Peserta didik dapat memperoleh pengalaman belajar melalui sajian
visualisasi dua dimensi seperti gambar, lukisdan, sketsa, karikatur
dan sebagainya.

k. Pengalaman melalui lambang visual
Pengalaman belajar yang diperoleh oleh peserta didik dapat
dilakukan melalui tayangan visual seperti penyajian grafik, peta,
dan diagram.

l. Pengalaman melalui lambang kata
Diharapkan peserta didik pada tingkatan ini telah memiliki
kemampuan dan pengalaman belajar yang paling tinggi. Karena
untuk memperoleh kesan yang diperoleh hanya melalui lambang
kata seperti membaca.

Demikianlah uraian singkat tentang berbagai tingkat serta
tahapan pengalaman seseorang melalui kerucut pengalaman dari
Egdar Dale.


Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter
Your adsense code goes here

0 komentar:

Post a Comment

 

| SOCIAL STUDIES-Qu News © 2013. All Rights Reserved |Template Style by Social Studies-Qu News | Design by Fer Bas | Back To Top |