Friday, November 23, 2012

Boston Tea Party ; perseteruan antara Inggris dengan koloninya di Amerika




Boston Tea Party
  1. Apa itu Boston Tea Party :  peristiwa pembuangan peti komoditi teh kelaut oleh para pedagang koloni
  2. Siapa yang membuat : Samuel adams beserta pengikutnya
  3. Kapan  Boston Tea Party terjadi : 16 Desember 1773
  4. Dimana Boston Tea Party terjadi : Kota Boston
  5. Mengapa Boston Tea Party terjadi:   perdagangan teh oleh bangsa Inggris adalah ketika East India Company berdagang Teh langsung dari Cina ke Amerika ( yang pada saat itu masih termasuk ke dalam koloni bangsa Inggris ) dengan memotong jalur perdagangan dan perpajakan yang merugikan exportir Eropa dan Importir Amerika. Hal tersebut mengancam keberadaan pedagang independent di koloni Amerika dan monopoli perdagangan yang dilakukan EIC membuat para pedagang marah.
  6. Bagaimana kronologi terjadinya Boston Tea Party : perdagangan teh oleh inggris disepanjang pesisir Atlantik telah ditutup oleh para pedagang koloni sehingga kapal- kapal pemuat teh tersebut dibawa kembali ke inggris atau gudangnya. Namun para agen agen di Boston menolak desakan penduduk koloni dan pada saat kapal pengangkut komoditas Teh merapat di pelabuhan Kota Boston, maka penduduk kota tersebut menaiki kapal dan membuang peti yang berisi komoditas Teh kedalam laut peristiwa itu dikenal sebagai BOSTON TEA PARTY yang berakibat pula tercetusnya revolusi Bangsa Amerika terhadap penjajahan bangsa Inggris.
Referensi : 
    • ----.2004.Garis besar sejarah amerika,Deplu AS
·  http://id.wikipedia.org/wiki/boston tea party
·  http://sehatkaya.net/blog/?p=60

Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter
Your adsense code goes here

0 komentar:

Post a Comment

 

| SOCIAL STUDIES-Qu News © 2013. All Rights Reserved |Template Style by Social Studies-Qu News | Design by Fer Bas | Back To Top |