Beberapa tujuan dan manfaat laboratorium terpadu diantaranya
adalah :
1. Mewujudkan model pembelajaran
berpusat pada siswa dengan pendekatan interactive learning (guru
bertindak sebagai fasilitator), integrated learning dan berbagai
pendekatan sesuai dengan karakteristik tiap – tiap mata pelajaran (metode
pembelajaran nonkonvensional) yang mengarah pada optimalisasi pemanfaatan dan
pengembangan potensi daerah.
2. Mewujudkan sekolah yang mampu
menggunakan teknologi multimedia sebagai sarana pembelajaran yang efektif,
saling mempengaruhi (interactive) dan terpadu (integrated) serta
didukung perpustakaan yang memadai sebagai sumber belajar dan media
pengembangan kreatifitas.
3. Mewujudkan laboratorium IPS
sebagai tempat pengembangan praktikum dasar Pengetahuan Alam serta sebagai
sarana pembelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (natural science).
4. Mewujudkan laboratorium IPS
sebagai tempat mengenal sistem sosial serta sebagai tempat sarana pembelajaran
ilmu pengetahuan social (social science).
5. Membekali siswa dengan beberapa
macam ketrampilan formal berbasis kompetensi dan kecakapan hidup seperti tata
boga, tata busana, desain grafis, Elektronik komputer (hardware) serta
teknisi komputer (software).
6. Memenuhi kegiatan belajar
mengajar yang mengarah pada optimalisasi pemanfaatan dan pengembangan potensi
sekolah dan daerah.
7. Mewujudkan sistem pendidikan yang efektif, partisipatif dan
akuntabel.
Keberadaan laboratorium terpadu
di Sekolah Dasar memiliki fungsi sebagai berikut:
1.
Agar siswa dapat mengenal sistem sosial serta sebagai tempat sarana
pembelajaran ilmu pengetahuan social (social science).
2.
Guru dapat membekali siswa dengan beberapa macam ketrampilan IPS yang dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Agar guru dapat mengoptimalkan pembelajaran yang sedang diajarkan.
4.
Dapat menerjemahkan idea atau gagasan yang sifatnya abstrak menjadi lebih
realistik.
5. Pembelajaran dapat
berlangsung secara efektif karena siswa dapat melihat secara langsung tentang
gambar-gambar atau miniatur peninggalan sejarah.
Sumber :
Laboratorium IPS Terpadu. Oleh : Safitri Yosita
Ratri, S.Si., M.Pd. (UNY)
0 komentar:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.