Saturday, May 4, 2013

Tujuan, Manfaat, dan Fungsi Laboratorium IPS Terpadu




Beberapa tujuan dan manfaat laboratorium terpadu diantaranya adalah :

1. Mewujudkan model pembelajaran berpusat pada siswa dengan pendekatan interactive learning (guru bertindak sebagai fasilitator), integrated learning dan berbagai pendekatan sesuai dengan karakteristik tiap – tiap mata pelajaran (metode pembelajaran nonkonvensional) yang mengarah pada optimalisasi pemanfaatan dan pengembangan potensi daerah.

2. Mewujudkan sekolah yang mampu menggunakan teknologi multimedia sebagai sarana pembelajaran yang efektif, saling mempengaruhi (interactive) dan terpadu (integrated) serta didukung perpustakaan yang memadai sebagai sumber belajar dan media pengembangan kreatifitas.
3. Mewujudkan laboratorium IPS sebagai tempat pengembangan praktikum dasar Pengetahuan Alam serta sebagai sarana pembelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (natural science).
4. Mewujudkan laboratorium IPS sebagai tempat mengenal sistem sosial serta sebagai tempat sarana pembelajaran ilmu pengetahuan social (social science).
5. Membekali siswa dengan beberapa macam ketrampilan formal berbasis kompetensi dan kecakapan hidup seperti tata boga, tata busana, desain grafis, Elektronik komputer (hardware) serta teknisi komputer (software).
6. Memenuhi kegiatan belajar mengajar yang mengarah pada optimalisasi pemanfaatan dan pengembangan potensi sekolah dan daerah.
7. Mewujudkan sistem pendidikan yang efektif, partisipatif dan akuntabel.


Keberadaan laboratorium terpadu di Sekolah Dasar memiliki fungsi sebagai berikut: 

1. Agar siswa dapat mengenal sistem sosial serta sebagai tempat sarana pembelajaran ilmu pengetahuan social (social science).
2. Guru dapat membekali siswa dengan beberapa macam ketrampilan IPS yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
3. Agar guru dapat mengoptimalkan pembelajaran yang sedang diajarkan.
4. Dapat menerjemahkan idea atau gagasan yang sifatnya abstrak menjadi lebih realistik.
5. Pembelajaran dapat berlangsung secara efektif karena siswa dapat melihat secara langsung tentang gambar-gambar atau miniatur peninggalan sejarah.

Sumber :
Laboratorium IPS Terpadu. Oleh : Safitri Yosita Ratri, S.Si., M.Pd. (UNY)

Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter
Your adsense code goes here

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 

| SOCIAL STUDIES-Qu News © 2013. All Rights Reserved |Template Style by Social Studies-Qu News | Design by Fer Bas | Back To Top |