Wednesday, November 14, 2012

keadaan geografis Meso-Amerika




keadaan geografis Meso-Amerika

Mesoamerika - secara harfiah, dapat kita artikan sebagai " Amerika tengah "- terletak di pertengahan garis lintang (antara 10 ° dan 22 ° N) dari Amerika di bagian selatan Amerika Utara , meliputi banyak dari tanah genting yang bergabung dengan Amerika Selatan.  
Mesoamerika memanjang dari selatan-pusat Meksiko tenggara melalui Tanah Genting Tehuantepec , di Semenanjung Yucatán , Guatemala , Belize , El Salvador , dan Honduras , Nikaragua , dan Costa Rika ke Teluk Nicoya .The term Mesoamerica may occasionally refer to the contemporary region comprising the nine southeastern states of Mexico ( Campeche , Chiapas , Guerrero , Oaxaca , Puebla , Quintana Roo , Tabasco , Veracruz , and Yucatán ) and the countries of Central America (including Panama ). [ 2 ] Istilah Mesoamerika kadang merujuk pada wilayah yang terdiri dari sembilan negara bagian  yakni Campeche , Chiapas , Guerrero , Oaxaca , Puebla , Quintana Roo , Tabasco , Veracruz , dan Yucatán  dan negara-negara Amerika Tengah termasuk Panama.
Daerah ini memiliki kombinasi yang cukup kompleks dari segi ekologi. Archaeologist and anthropologist Michael D. Coe groups these different niches into two broad categories: lowlands (those areas between sea level and 1000 meters) and altiplanos or highlands (those situated between 1000 and 2000 meters above sea level). Daerah meso-amerika secara fisiografis dapat dibedakan menjadi dua kategori yakni, dataran rendah (daerah antara permukaan laut - 1000 meter) dan dataran tinggi (yang terletak antara 1000 dan 2000 meter di atas permukaan laut). In the low-lying regions, sub-tropical and tropical climates are most common, as is true for most of the coastline along the Gulf of Mexico and the Caribbean Sea . Di daerah dataran rendah pada umumnya  beriklim sub-tropis dan iklim tropis, seperti yang terjadi di sebagian besar garis pantai sepanjang Teluk Meksiko dan Laut Karibia . The highlands show much more climatic diversity, ranging from dry tropical to cold mountainous climates , the dominant climate is temperate with warm temperatures and moderate rainfall. Sedangkan Dataran tinggi menunjukkan keragaman iklim lebih banyak dibandingkan dengan di dataran rendah, mulai dari tropis kering hingga ke dinginnya iklim pegunungan , dan iklim yang dominan adalah sedang dengan suhu hangat dan curah hujan sedang.
Dataran tinggi Mesoamerika umumnya terdiri atar  dua wilayah terpisah: zona pegunungan Meksiko tengah dan barat, dan dataran tinggi Guatemala dan negara bagian Meksiko, Chiapas. The topography , climate , and soil fertility of the highlands can vary dramatically. Topografi , iklim , dan kesuburan tanah dari dataran tinggi sangat bervariasi. In central and western Mexico, the most fertile soil is found among the low-lying valleys. Di Meksiko tengah dan barat, tanah yang paling subur ditemukan di antara lembah-lembah dataran rendahdi antaranya terletak di Lembah Oaxaca , Puebla - Tlaxcala , dan Lembah Meksiko (sekarang Distrik Federal Meksiko ), secara historis lokasi tersebut merupakan tempat tinggal masyarakat awal di amerika tengah. Walaupun disisi lain pegunungan tinggi Sierra Madres menghambat pergerakan awan dan mengurangi jumlah curah hujan di lembah tersebut. Indeed, the hot arid valleys of the Mixtec area and in the state of Guerrero are among two of the driest areas in the highlands. Dan daerah Mixtec dan di negara bagian Guerrero merupakan daerah paling kering di dataran tinggi tersebut. Initial hypotheses concerning environmental conditions postulated that the highland climate was more hospitable in the past.hipotesis awal tentang kondisi lingkungan dan iklim yang belangsung di dataran tinggi lebih ramah di masa lalu. More recent research has made it clear that the climate past was not very different than that of today, even though the ecosystems do show a significant degree of decline due to human activity. Namun  penelitian terbaru telah menjelaskan bahwa iklim pada  masa lalu tidak terlalu berbeda dengan masa sekarang, meskipun terjadi penurun yang cukup signifikan pada ekosistem lingkungan akibat aktivitas manusia.
The highlands of Mesoamerica, while not extraordinarily rich, proved sufficiently fertile to allow the development of the high agricultural cultures of ancient, pre-Hispanic times. Dataran tinggi Mesoamerika, meskipun tidak kaya,namun  terbukti cukup subur, sehingga memungkinkan untuk pengembangan budaya pertanian yang baik. In fact, the situation was quite similar to that of other regions of the world where early civilizations thrived, as in the north of Peru, or in the valley of the Indus River in Asia. Bahkan, situasinya sangat mirip dengan daerah lain di dunia dimana peradaban awal berkembang, seperti di utara Peru, atau di lembah Sungai Indus di Asia. In these sites, as in Mesoamerica, humans developed methods in which the limited available resources could be fully exploited. Dalam situs tersebut, seperti hal di Mesoamerika, manusia mengembangkan metode ,di mana sumber daya alam yang tersedia terbatas bisa dimanfaatkan sepenuhnya. Highland agrarian cultures learned to store water or divert it from its sources in the mountains to the cultivable lands.
Seperti dataran tinggi, keragaman hayati di dataran rendah Mesoamerika cukup beragam, mulai dari iklim tropis dengan hutan yang rimbun dari Veracruz hingga hutan  semi-kering didataran rendah Yucatán utara. On the southeast coast of the Gulf of Mexico, in Belize, and in southern Campeche and Quintana Roo, rainfall can be quite heavy. Di pantai tenggara Teluk Meksiko, di Belize, dan di selatan Campeche dan Quintana Roo, intensitas curah hujan sangat tinggi. The tropical forests found there are diverse in the vegetation species present and this, in addition to the overabundance of water, presented obstacles inhibiting the development of agriculture (but this is not to say that agriculture did not develop in the lowlands). Daerah dengan curah hujan yang cukup tinggi mampu mengalirkan air yang melimpah didataran rendah, hal ini membuat daerah tersebut tidak begitu sesuai untuk lahan pertanian, tetapi pertanian mampu berkembang walaupun kondisi lingkungan yang menghambat, untuk mengimbangi kendala lingkungan tersebut, Mesoamericans kuno membuat sistem pertanian yang dibuat sesuai dengan kondisi lingkungan yang ada. One such adaptation was the use of drainage systems, exemplified by the camellones chontales found in the Chontalpa region of Tabasco . [ citation needed ] Another systematic adaptation was the use of raised-field agriculture, as seen at the Preclassic site of Cerros , in Belize. Salah satu adaptasi tersebut adalah penggunaan sistem drainase. Sistem ini ditemukan di Chontalpa wilayah Tabasco dan wilayah Belize.
The valley of Tehuacán , located in the southeast of this region, is important for the early evidence of maize cultivation and some of the oldest ceramic artifacts ( sherds ) in Mesoamerica. Lembah Tehuacan , dengan iklim yang hangat dan tidak adanya sumber air yang signifikan. The rains arrive between the months of April and September, and are not abundant. Hujan tiba antara bulan April dan September, dan tidak berlimpah. This led to the early development of hydraulic projects, among them the building of canals from the rivers–reservoirs in the hillsides for storing water. Hal ini menyebabkan perkembangan pembangunan waduk-sungai di lereng bukit untuk menyimpan air. Lembah ini, adalah daerah penting dalam budidaya jagung. Wilayah Oaxacan adalah daerah yang memiliki kesuburan tanah yang cukup tinggi namun curah hujan sangan sedikit. Guerrero dianggap sebagai bagian dari Meksiko Barat, Basin Balsas merupakan wilayah dataran rendah, dengan iklim yang panas dan intensitas curah hujan sedikit, namun daerah kering ini mendapat suplai air dari Sungai Balsas dan anak cabang-nya. Central Guerrero corresponds to the Sierra Madre del Sur, a region rich in mineral deposits but poor in agricultural potential. Guerrero yang dekat dengan Sierra Madre del Sur, merupakan wilayah yang kaya kandungan mineral tetapi miskin akan potensi pertanian. Lastly, the southern part of the region consists of the Pacific coast, a wide coastal plain, full of mangroves and palms, battered by hurricanes from the south. Terakhir, bagian selatan wilayah yang terdiri dari pantai Pasifik, sebuah dataran pantai yang luas, penuh hutan bakau.

Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter
Your adsense code goes here

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 

| SOCIAL STUDIES-Qu News © 2013. All Rights Reserved |Template Style by Social Studies-Qu News | Design by Fer Bas | Back To Top |