Wednesday, November 14, 2012

struktur dan konjungtur bagi seorang sejarwan sosial dalam melihat fenomena sosilogis




Arti structure dan conjuncture bagi seorang sejarawan sosial dalam melihat suatu fenomena sosial.Struktur adalah bagaimana bagian-bagian dari sesuatu berhubungan satu dengan lain atau bagaimana sesuatu tersebut disatukan.
Struktur adalah sifat fundamental bagi setiap sistem. Identifikasi suatu struktur adalah suatu tugas subjektif, karena tergantung pada asumsi kriteria bagi pengenalan bagian-bagiannya dan hubungan mereka. Karenanya, identifikasi kognitif suatu struktur berorientasi tujuan dan tergantung pada pengetahuan yang ada. Sedangkan konjungtur adalah pertukaran naik turunnya kemajuan dan kemunduran ekonomi yg terjadi secara berganti-ganti.
Struktur bagi sejarawan sosial memiliki fungsi sebagai alat untuk  mengkaji adanya kepekaan terhadap titik referensi suatu permasalahan sosial dan sebagai penggerak dasar oleh sejarawan sosial untuk melihat pola dasar yang dikembangkan dan dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengkaji sejarah sosial, dengan Structure tersebut ia dapat mengetahui keberlanjutan dari sejarah sosial itu sendiri.
Conjuncture: Menggambarkan gelombang gerakan perkembangan sejarah dalam jangka waktu yang sangat lambat serta adanya suatu proses penggerak, dengan melihat fenomena yang naik turun tersebut seoran sejarwan akan memperoleh gambaran secara dinamis pergerakan sejarah sosial. Berikut contoh konjungtur dalam melihat sebuah pergerahan sejarah
  peradapan


 



                                                                              waktu
evolusi menurut siklus tertentu dengan kemunduran kemunduran jangka pendek
  peradapan


 



                                                                              waktu
                evolusi yang terjadi dengan tahap kelajuan yang tidak serasi


Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter
Your adsense code goes here

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 

| SOCIAL STUDIES-Qu News © 2013. All Rights Reserved |Template Style by Social Studies-Qu News | Design by Fer Bas | Back To Top |