Struktur
Kurikulum SMP/MTs adalah sebagai berikut:
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU BELAJAR
PER MINGGU
|
|||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
Kelompok A
|
||||
1.
|
Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
3
|
3
|
3
|
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
6
|
6
|
6
|
4.
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
5.
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
5
|
5
|
5
|
6.
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
7.
|
Bahasa
Inggris
|
4
|
4
|
4
|
Kelompok B
|
||||
1.
|
Seni
Budaya
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan
Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
|
3
|
3
|
3
|
3.
|
Prakarya
|
2
|
2
|
2
|
Jumlah
Alokasi Waktu Per Minggu
|
38
|
38
|
38
|
Keterangan:
Mata pelajaran Seni Budaya dapat memuat Bahasa
Daerah.
Ilmu Pengetahuan Sosial
KELAS: VII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai karunia Tuhan YME yang
telah menciptakan waktu dengan segala
perubahannya
1.2
Menghargai ajaran agama dalam berfikir
dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3
Menghargai karunia Tuhan YME yang
telah menciptakan manusia dan lingkungannya
|
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Meniru perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun
dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa hindu
Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang
2.2
Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan
bertanggungjawab terhadap kelembagaan social, budaya, ekonomi dan politik
2.3
Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam
melakukan interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya
|
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu
dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.2
Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa
hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
pendidikan dan politik
3.3
Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan
politik dalam masyarakat
3.4
Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan
fikiran masyarakat Indonesia pada masa
praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang
4.2
Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahamijenis-jenis kelembagaan
sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
4.3
Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
KELAS: VIII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan
segala perubahannya
1.2
Menghayati ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai
penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3
Menghayati karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan
lingkungannya
|
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab, peduli,
santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa
penjajahan dan gerakan kebangsaan dalam menumbuhkan rasa kebangsaan
2.2
Berperilaku jujur, sopan, estetikadan memiliki motivasi internal
ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3
Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam
berpartisipasi penanggulanganpermasalahan lingkungan hidup
|
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu
dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.2
Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia pada masa
penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
3.3
Mendiskripsikan fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi dan politik dalam masyarakat
3.4
Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi
manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan kebudayaan dan
fikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat
kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
yang ada di lingkungan sekitarnya
4.2
Menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang
berkaitan dengan fungsi peran
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat
sekitar
4.3
Menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat
dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
KELAS:
IX
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mensyukuri karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan
kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis,
ekonomi, budaya dan politik
1.2
Mensyukuri adanya kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan
politik dalam masyarakat yang mengatur
kehidupan manusia dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia
1.3
Mensykuri karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan
manusia dan lingkungannya
|
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme
2.2
Memiliki kepedulian dan penghargaan
terhadaplembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3
Memiliki rasa tanggungjawab, peduli,
percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan
fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat
|
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Menerapkan aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu
dalam mewujudkan kesatuan wilayah Nusantara yang mencakup perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.2
Menelaah perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan
kemerdekaan sampai dengan awal reformasi dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik dalam wawasan kebangsaan
3.3
Membandingkan manfaat kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan
politik dalam masyarakat bagi
kehidupan berbangsa dan bernegara
3.4
Membandingkan landasan dari dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyajikan hasil olahan telaah tentanghasil-hasil kebudayaan dan
fikiran masyarakat Indonesia pada masa pergerakan kemerdekaan sampai sekarang
dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara
4.2
Merumuskan alternatif
tindakan nyata dalam mengatasi masalah yang kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
4.3
Merumuskan alternatif
tindakan nyata dan melaksanakannya sebagai bentuk partisipasi dalam
mengatasi masalah lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi sebagai akibat
adanya dinamika interaksi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
0 komentar:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.